7 November 2013

Bagaimana Proses Sampai Kita Mengeluarkan Air Mata?

Bagaimana Proses Sampai Kita Mengeluarkan Air Mata?

Tentunya kamu pernah menangis dan mengeluarkan air mata, baik itu karena haru atau karena sedih. Kenapa mata bisa mengeluarkan air, darimana asalnya yah?

Tahukah kamu bahwa sebenarnya mata kita bisa memproduksi air mata dan produksinya tidak ketika kita menangis atau haru saja, tetapi setiap saat. Air mata sangat banyak fungsinya salah satunya adalah berfungsi untuk membasahi kelopak mata ketika berkedip.

Lalu darimana asalnya yah? Air mata bersumber dari sudut luar mata kita, tepat dibawah alis ada kelenjar lakrimal atau lebih dikenal dengan
kelenjar air mata. Ukurannya hanya sebesar buah kenari, tetapi organ yang kecil ini dapat menyemburkan aliran air mata.

Air mata ini membasahi mata agar tetap bersih dan jernih. Air mata muncul lewat jalan keluar yang ada di sudut luar mata kita. Setiap kali kita berkedip, kelopak mata akan menyebarkan air mata. Kemudian air mata mengalir lewat lubang di sudut dalam mata kemudian air mata itu diserap oleh tubuh.

Nah, bagaimana ketika mata kamu terkena debu? Air mata akan mengalir lebih cepat dan banyak untuk meningkatkan usaha pembersihan. Air mata yang dihasilkan bisa sangat banyak sehingga debu itu keluar dari kelopak mata bawah.

Hebat yah… mata kita mempunyai alat otomatis yang bekerja jika dibutuhkan oleh tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar